A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: imagejpeg(): gd-jpeg: JPEG library reports unrecoverable error:

Filename: helpers/captcha_helper.php

Line Number: 233

Protespublik - 8 Langkah Membuat KTP Baru

Protes Publik

6 September 2016

8 Langkah Membuat KTP Baru

Protester, bagi kamu Warga Negara Indonesia yang memasuki usia 17 tahun wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

Kenapa sih harus punya KTP? Jelas, karena Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh instansi pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kartu ini wajib dimiliki Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah kawin atau telah kawin. Anak dari orang tua WNA yang memiliki ITAP dan sudah berumur 17 tahun juga wajib memilki KTP. KTP bagi WNA berlaku sesuai dengan masa ITAP.

Dalam prosesnya Kartu Tanda Penduduk terjadi perubahan. Dari yang hanya KTP Manual menjadi KTP Elektronic (e-KTP). Pasal 13 Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, menjelaskan bahwa :

“Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup”.

e-KTP atau KTP elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan/pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi yang berbasis pada database kependudukan nasional. Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup.

Cara membuat e-KTP (KTP Elektronik) sebenarnya sama dengan prosedur pembuatan KTP sebelumnya, namun di sini akan dilengkapi dengan pengambilan sidik jari dan pindaian retina mata yang bertujuan agar tercipta data tunggal, yaitu setiap satu orang dengan satu identitas (KTP). Sudah sangat umum, bahwa satu orang di Indonesia memiliki beberapa identitas/KTP. Pemberlakuan e-KTP juga dimaksudkan untuk mentertibkan administrasi orang per orang di Indonesia agar setiap identitas dan mobilitasnya tercatat dan terpantau secara jelas dan benar oleh negara.

Namun pada saat prakteknya nanti, proses selesainya kartu e-KTP bisa jadi  memakan waktu lebih dari 2 (dua) minggu. Hal ini dapat terjadi  karena, proses pengambilan database  (sidik jari, pemindaian retina dan tanda tangan) harus dikirim lagi ke pusat untuk diverifikasi kembali karena untuk mengantisipasi data ganda. 

Jadi, segera catatkan identitas diri kita dan miliki KTP untuk keuntungan kita juga. 


Contributor:

protes-public-profile

tami

Tami, anak muda dengan semangat membuat Indonesia menjadi lebih baik ini memiliki ketertarikan khusus dengan topik transportasi publik dan hak atas pejalan kaki. Tami percaya bahwa kontribusi untuk negara dimulai dengan langkah kecil seperti menggunakan transportasi umum untuk menuju lokasi aktivitas kita.

Related posts

0 comments

Leave a comment