Protes Publik

3 October 2016

Raih Dua Penghargaan ISSA, BPJS Kesehatan Buktikan Keberhasilan

BPJS Kesehatan benar-benar menunjukkan keseriusannya dalam menyukseskan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dicanangkan pemerintah. Segala upaya dilakukan manajemen yang kini digawangi oleh Fachmi Idris sebagai pucuk pimpinan tersebut. Utamanya dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat pengguna fasilitas BPJS Kesehatan maupun mitra kerjasama.

Terbukti, awal November lalu, BPJS Kesehatan menerima penghargaan dari International Social Security Association (ISSA) karena keberhasilannya mengimplementasikan pelayanan berbasis teknologi informasi. Tidak tanggung-tanggung, dua kategori sekaligus diraih BPJS Kesehatan dari lembaga PBB yang berafiliasi dengan ILO dalam hal penyelenggaraan jaminan sosial tersebut.

Kategori pertama adalah Certificate of Merit with Special Mention untuk aplikasi E-DABU, yaitu sistem aplikasi online untuk membantu mempercepat pendaftaran peserta badan usaha atau korporasi. BPJS Kesehatan menciptakan E-DABU dengan harapan mempermudah dan mempercepat badan usaha dalam memasukan data pegawai di sektor formal yang memiliki kompleksitas data dan beragam.

E-DABU diakses dengan menggunakan internet publik, sehingga pendaftaran peserta baru/mutasi peserta dapat dilakukan di tempat sendiri. Komunikasi data antara Badan Usaha dengan BPJS Kesehatan dilakukan menggunakan sistem yang terkoneksi. Program E-DABU ini dapat mengakomodasi unggah data bagi Badan Usaha yang sudah memiliki data excel dan disesuaikan menyesuaikan format 34 kolom. Selain itu juga di dalamnya serta  terdapat Inquiry NIK dan Kartu Keluarga ke Dukcapil untuk mempercepat pengisian formulir.

Sedangkan kategori kedua yang meraih penghargaan adalah Program Rujuk Balik. Program ini merupakan good practice dalam penerapan pelayanan kesehatan kepada penderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan jangka panjang. Pelayanan ini dilaksanakan di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama atas rekomendasi/rujukan dari Dokter Spesialis/Sub Spesialis yang merawat.

Manfaat Program Rujuk Balik bagi peserta BPJS Kesehatan tidak hanya meningkatkan kemudahan akses pelayanan kesehatan. Namun juga turut meningkatkan pelayanan kesehatan yang mencakup akses promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, serta meningkatkan hubungan dokter dengan pasien dalam konteks pelayanan holistik, memudahkan untuk mendapatkan obat yang diperlukan.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris, di sela-sela penganugerahan ISSA Good Practice Award yang digelar di Muscat, Oman, 03 November 2015. Sumber: BPJS Kesehatan

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris, di sela-sela penganugerahan yang digelar di Muscat, Oman, 03 November 2015 lalu itu, mengungkapkan prestasi yang diterimanya merupakan hasil kerja keras dan upaya segenap Duta BPJS Kesehatan.

”(Penghargaan) Ini akan menjadi momentum motivasi untuk terus berkarya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi peserta BPJS Kesehatan. Penghargaan ini cukup membanggakan, bagi institusi baru seperti BPJS Kesehatan. Dan diharapkan di tahun-tahun mendatang BPJS Kesehatan akan lebih memberikan prestasi yang lebih baik dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi bangsa dan negara,” ujar Fachmi Idris.

Untuk diketahui, ISSA sebagai asosiasi internasional menyelenggarakan ISSA Good Practice Award setiap tiga tahun sekali di setiap wilayah regionalnya yang terbagi atas beberapa benua. Indonesia menjadi bagian dari regional Asia dan Pasifik.

Dalam konteks ISSA, Good Practice didefinisikan sebagai sebuah pengalaman, aktivitas, pengukuran, proses, program, proyek, atau teknologi yang diimplementasikan oleh organisasi jaminan sosial dengan tujuan perbaikan kapasitas administratif dan operasional, dan/atau efisiensi dan efektivitas pelaksanaan program. (DS)


Contributor:

protes-public-profile

TimProtesPublik

Tim Protes Publik berdiri sejak 17 Agustus 2011 terdiri dari beberapa individu yang tertarik terhadap kebijakan publik yang berlaku di Indonesia. 

Related posts

0 comments

Leave a comment