Protes Publik

17 November 2016

Blangko E-KTP Kosong Sampai Awal Tahun 2017

Blangko E KTP kosong sampai awal tahun setidaknya sampai dengan Januari 2017 namun perekamanan data penduduk tetap dapat dilakukan dan warga yang sudah melakukan perekaman akan mendapatkan surat keterangan pengganti KTP elektronik dari dinas kependudukan dan catatan sipil kabupate/kota yang berlaku enam bulan sejak Oktober 2016. 

Dengan kebijakan ini, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo menegaskan bahwa 101 daerah yang akan melakukan Pilkada di tahun 2017 tidak perlu khawatir karena masih dapat menggunakan haknya untuk memilih dengan menggunakan surat keterangan pengganti KTP Elektronik. 

Kosongnya blanko E KTP ini disebabkan gagalnya tender 8 juta keping blangko E KTP yang dimulai Oktober lalu dengan anggaran Rp 115, 2 miliar. Dari ke 5 perusahaan yang memasukan dokumennya, 4 gagal lolos dari proses administrasi sedangkan 1 perusahaan yang tertinggal tidak lolos dari proses kualifikasi uji teknis. Dengan gagalnya tender, persediaan blangko di Kemendagri akan terus kosong sampai dengan 2 bulan ke depan. 

Untuk menghindari proses hukum, tender tidak dilanjutkan namun di ulang, Menurut rencana akan dilakukan dalam pekan ini dengan anggaran tahun 2017. Pengadaan blangko pun akan dilakukan sekaligus 25,9 juta keping untuk menghindari pemotongan di tengah tahun. 

 


Contributor:

protes-public-profile

rena

Pekerja yang berkutat di area komunikasi lebih dari 10 tahun. Antusias dengan pendidikan berkewarganegaraan dan selalu berusaha menjadi warga negara Indonesia dengan taat peraturan Republik Indonesia. 

Related posts

0 comments

Leave a comment