A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: imagejpeg(): gd-jpeg: JPEG library reports unrecoverable error:

Filename: helpers/captcha_helper.php

Line Number: 233

Protespublik - Sejarah Garuda Pancasila

Protes Publik

1 June 2017

Sejarah Garuda Pancasila

Hari ini, 1 Juni 2017, dicanangkan sebagai Hari Lahir Pancasia dan tentu saja Pancasila tidak lepas dengan Garuda Pancasila yang menjadi lambang dan simbol negara. Garuda Pancasila sendiri mengalami banyak transformasi sebelum terlihat seperti sekarang. Digambar pertama kali oleh Sultan Hamid Alkadrie atau bisa juga disebut dengan Sultan Hamid II dari Pontianak, Kalimantan Barat. Beliau terinspirasi oleh burung Elang Rajawali dan sosok Garuda dari cerita rakyat di Indonesia karena menggambarkan kebajikan, pengetahuan, kekuatan, keberanian, kesetiaan, dan disiplin.

Sultan Hamid II mulanya menggambar lambang Garuda berwarna emas dengan perisai. Garuda Pancasila mengalami beberapa transformasi hingga akhirnya bisa terlihat seperti sekarang.

Di dalam Garuda Pancasila terdapat banyak simbol yang memiliki makna tersendiri. Untuk lengkapnya, Protester bisa lihat di bawah ini.

Makna di dalam Garuda Pancasila

Makna jumlah helai bulu Garuda Pancasila

Makna Perisai Garuda Pancasila

Nah, Protester sekarang sudah tahu kan sejarah dan makna dari Garuda Pancasila. Semoga informasi ini membuat kamu makin bangga dan cinta akan Tanah Air Indonesia. Selamat hari Pancasila :)

Sumber: 
http://www.bintang.com/lifestyle/read/2243645/fakta-keren-garuda-pancasila-yang-bikin-nasionalisme-kamu-bangkit
http://kemlu.go.id/Documents/Proses%20Lambang%20Garuda%20Pancasila/Proses%20Lambang%20Garuda%20Pancasila.pdf

Sumber foto Sultan Hamid II: Het Nationaal Archief (http://www.gahetna.nl/)


Contributor:

protes-public-profile

TimProtesPublik

Tim Protes Publik berdiri sejak 17 Agustus 2011 terdiri dari beberapa individu yang tertarik terhadap kebijakan publik yang berlaku di Indonesia. 

Related posts

0 comments

Leave a comment