Protes Publik

12 June 2017

BATAS SALDO YANG DIINTIP NEGARA JADI Rp 1 Milyar

Baru – baru ini, pemerintah melalui Kementrian Keuangan meluncurkan sebuah kebijakan yang tertuang pada  Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 70/2017 sebagai aturan pelaksana usai diterbitkannya Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1/2017 tentang akses informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan. Adapun pelaporan ini nanti akan diserahkan oleh pihak Perbankan ke pihak yang berkepentingan yaitu Ditjen Pajak.

Kebijakan ini diambil dalam rangka untuk menyambut pelaksanaan Automatic Exchange of Information di bulan September 2018 dimana Indonesia akan turut berpartisipasi dalam pertukaran informasi keuangan dengan Negara lain.

Tujuan dari pelaporan tersebut adalah untuk mendapatkan informasi lengkap sesuai standart internasional sehingga ketika ketika AEOI berlangsung Indonesia sudah siap.

Kebijakan tentang pelaporan ini wajib dilakukan bagi mereka pribadi yang memiliki saldo minimal Rp 200 juta untuk domestik dan tidak ada batas minimal untuk yang memiliki entitas.

Namun per Kamis 8 Juni 2017, pemerintah melalui Kementrian Keuangan melakukan revisi terhadap saldo minimal  yang wajib dilaporkan oleh pribadi dari Rp 200 juta menjadi Rp 1 milyar. Revisi atau perubahan ini hanya berlaku untuk pribadi dan bukan entitas bisnis.

Perubahan ini diambil berdasarkan dari masukan masyarakat, pemangku kebijakan agar kebijakan mencerminkan keadilan sosial dan berpihak pada usaha mikro, kecil dan menengah dan kemudian mempertimbangkan data perusahaan, data perpajakan termasuk yang berasal dari program tax amnesty serta data pelaku usaha.

Dengan naiknya saldo minimal menjadi Rp 1 milyar, total rekening yang akan dilaporkan sebanyak 496 ribu atau sekitar 0.25% total rekening yang ada di Indonesia. 


Contributor:

protes-public-profile

rena

Pekerja yang berkutat di area komunikasi lebih dari 10 tahun. Antusias dengan pendidikan berkewarganegaraan dan selalu berusaha menjadi warga negara Indonesia dengan taat peraturan Republik Indonesia. 

Related posts

0 comments

Leave a comment