Protes Publik
Monday, 5 August 2013  -  Admin

Kronologis Peristiwa Kebakaran Ruang Panel Pompa Instalasi Pengolahan Air Baku Pejompongan

Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pejompongan yang terletak di Kalimalang dikelola oleh PJT II merupakan instalasi yang sangat vital untuk menyalurkan air ke Pejompongan. IPA Pejompongan memiliki 4 (empat) buah pompa besar yang digerakkan secara elektrik. Dalam menyalurkan air ke Pejompongan harus dioperasikan 3 (tiga) buah pompa.

Air yang dipasok ke IPA Pejompongan berasal dari Bendung Bekasi melalui Saluran Tarum Barat (STB) Kalimalang sebesar 6 m3/detik untuk memenuhi kebutuhan air baku P.T. Palyja. Dalam menggerakkan pompa, menggunakan tenaga listrik berupa panel switchgear 20 KV dan panel-panel lainnya yang saling terhubung.

Sabtu, 3 Agustus 2013

Kejadian tanggal 3 Agustus 2013 pukul 09.30 WIB, Panel Switchgear 20 KV meledak dan terbakar. Dilakukan pemadaman darurat dengan APAR oleh operator pompa PAB dan bantuan dari DAMKAR. Pukul 10.30 WIB kebakaran selesai dipadamkan. Tindakan pasca kebakaran dilakukan pembersihan ruang panel yang terbakar dan inspeksi kerusakan. Pukul.13.00-14.00 WIB, dilakukan rapat koordinasi dengan PAM DKI, PALYJA, PLN dan PJT II dengan hasil sebagai berikut:

- Pengamanan suplai air ke Pejompongan IPA I & II dengan, mengandalkan suplai air melalui pompa PAB secara gravitasi sebesar 1.2 m3/detik
- Menggelontor air melalui spillway bendung gergaji menuju ke Pejompongan
- Mempertahankan TMA Bendung Gergaji 16.30 m dan debit Bendung Bekasi 17.646 m3/detik
- Penyuntikan distribusi air ke P.T. Palyja melalui jaringan distribusi air baku milik Pihak Aetra sebesar ± 2,8 m3/detik.

Inspeksi panel FC yang terkena semprotan pada saat pemadaman dan menghubungi pihak ke III yang ahli di bidang Elektrik (Siemens) untuk melakukan investigasi, perbaikan seperlunya terhadap komponen elektrik yang rusak dan rencana penggantian panel yang ada. Apabila kondisi panel FC setelah dicek baik, maka akan dilakukan penarikan kabel (3 core x 400 mm2) dari Gardu Induk ke Trafo panel FC sehingga pompa PAB dapat dioperasikan.

Palyja saat ini hanya melakukan distribusi air sebesar 50%, untuk kelancaran operasional tersebut. Semua informasi dilakukan satu pintu melalui Kepala Seksi PAB Perum Jasa Tirta II (Hery Martono) dan Manager Produksi PALYJA (Hery Suyanto). Koordinasi yang sudah dilakukan dengan pihak Kepolisian, Damkar, PALYJA dan PAM DKI.

Kerusakan yang terjadi diperkirakan:
- Panel incoming 20 KV sebanyak 5 unit
- Jaringan Air Conditioner central ruang panel
- Instalasi listrik tegangan rendah dan tegangan menengah Panel FC sebanyak 4 unit

Pelaksanaan perbaikan sementara diperkirakan ± 1 minggu ke depan dengan menggunakan genset 1.65 KVA sebagai power supply sementara untuk menjalankan pompa.

Pukul.14.00 WIB s.d sekarang, sedang dilaksanakan pembersihan lokasi kebakaran dan pengecekan elektrik yang ada.

Pukul 20.00 WIB, telah dilaksanakan pengeluaran panel fc ke lokasi yang aman untuk di investigasi lebih lanjut.

Pukul 22.00 WIB suplai air dari Aetra untuk P.T. Palyja sebesar 300 lps.

Minggu, 4 Agustus 2013

Dilakukan pengecekan kabel jaringan panel fc tidak ada yang terbakar dan dalam kondisi baik. Proses pengecekan panel fc terus dilakukan. Pembongkaran bekas panel incoming 20 KV yang terbakar sudah 80% selesai dilakukan. Jaringan kabel panel incoming dalam kondisi rusak.

Pemberian air yang diterima oleh Palyja total adalah sebesar 1593 liter/detik, yang berasal dari :
a) suntikan dari saluran P.T. Aetra 400 liter/detik
b) sungai Ciliwung 413 liter/detik dan gravitasi pompa PAB 780 liter/detik.

Demikian informasi ini akan kami perbarahui setiap ada perkembangan.

Terima kasih.
Jakarta, 04 Agustus 2013
PERUM JASA TIRTA II Sekretaris Perusahaan

One thought on “Kronologis Peristiwa Kebakaran Ruang Panel Pompa Instalasi Pengolahan Air Baku Pejompongan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ikutan Protes

Untuk ikut berpartisipasi melakukan protes, silahkan login atau mendaftar terlebih dahulu.

Solusi Protes
Tuesday, 19 June 2012
Sistem Transportasi Publik – Belajar dari Negara Lain (Bag.2)

Sebagaimana disampaikan pada tulisan di Bagian 1, dapat disimpulkan bahwa  sistem transportasi publik di Amsterdam dan Berlin sebagai contoh, memang sudah dirancang untuk kelancaran dan kenyamanan penggunanya. Dengan perancangan sistem yang baik, orang yang tidak disiplin pun dididik untuk menjadi disiplin. Orang-orang Indonesia di luar negeri selalu tertib antre, tertib jika akan masuk angkutan umum, […]

Tuesday, 14 February 2012
Prinsip Mengelola Finansial

Tahun baru merupakan saat bagi kita memperbaharui komitmen untuk menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Mungkin ada di antara Anda yang berpikir bahwa cara untuk memiliki keuangan yang lebih baik adalah dengan mencari pekerjaan baru agar mendapat gaji yang lebih tinggi. Bahkan Anda sudah membuat rencana dan target dengan gaji baru yang berjumlah 2 kali lipat […]

Wednesday, 7 December 2011
Merencanakan Hidup Hemat

Hindari gaya hidup boros. Buat batasan pengeluaran keuangan setiap bulan. Ini agar tidak cepat ‘lapar’ mata untuk membeli sesuatu yang sifatnya tidak mendesak. Menabunglah sekarang juga. Kunci kesuksesan menabung adalah menyisihkan uang di awal ketika menerima upah atau gaji. Setelah itu alokasikan untuk pengeluaran rutin. Buka rekening yang tidak mudah diambil. Untuk pembelian dengan jumlah […]

Copyrights © 2013. Kebijakan Pelayanan Publik - Kebijakan Pemerintah Indonesia by ProtesPublik.com